Friday, May 24, 2013
karya ilmiah
SARI INDONESIA KESUSASTRAAN
Disusun oleh
Desmawati
Kelas : I A
Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Riau Pekanbaru
T.A 2011/2012
Kata Pengantar
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat dan rahmatnya penulis dapat
menyelesaikan makalah dengan tepat waktu.Shalawat beserta salam penulis ucapkan
kepada Nabi Muhammad saw.Makalah ini berisi tentang sari kesusastraan Indonesia I.
Makalah ini dibuat agar para pembaca dapat memahami bagaimana keadaan
kesusastraan yang ada di Indonesia.Sastra melayu dan Indonesia yang selama ini
dianggap sama saja.Yang artinya sastra melayu disebut juga sastra Indonesia,padahal
sudah seharusnya kita sudah menarik garis besar antara keduanya.
Selain itu makalah ini berisi tentang pengertian kesustraan,pembagian
kesustraan,kesustraan menurut zaman serta aliran dari kesustraan.Makalah ini bersumber
dari sebuah buku yang dikarang oleh J.S Badudu yang dicetak oleh CV Pustaka Bandung
pada tahun 1975.
Demikian makalah ini penulis buat.Apabila ada kesalahan baik penulisan mau
kekurangan yang lainnya penulis mohon maaf.Kritik maupun saran juga penulis harapkan
kepada para pembacaan agar makalah ini dapat lebih baik dimasa yang akan datang.untuk
itu penulis megucapkan terimakasih atas waktu,kritik,dan saran yang telah diberikan.Atas
perhatian dan kerjasama di ucapkan terimakasih.
Pekanbaru,Desember 2011
Desmawati
V
DAFTAR ISI
Kata Pengantar……………………………………………………………………......v
Daftar isi……………………………………………………………………….....…...vi
Bab I Pedahuluan
1.1 Latar Belakang………………………………………………………................….1
1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………….................…1
1.3 Tujuan…………………………………………………………………...................1
1.4 Manfaat………………………………………………………………….................2
Bab II Pembahasan
2.1 Tata cara membuat kartu diperpustakaan……………………………...................….3
2.2 Tata cara meminjam buku diperpustakaan…………………………….......................3
2.3 Kesustraan……………………………………………………….................………4
2.4 Pembagian kesustraan……………………………………………..................……..4
2.5 Kesustraan Indonesia……………………………………………..................……...6
2.6 Aliran bentuk dan isi sastra……………………………………………...................10
Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan...…………………………………………………….............………..14
3.2 Saran………..……………………………………………………….............……16
Daftar Pustaka…….……………………………………………………………..……17
Identitas Buku…………………………………………………………………...……18
Formulir Pendaftaran Kartu Perpustakaan Soeman Hs....……………………………..19
vi
Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Kesusastraan berasal dari kata sustra yang berimbuhan ke-an.Kesusastraan
mengandung arti jamak yaitu semua yang meliputi sastra.Kata sastra berasal dari kata
sangsekerta ;su berarti baik sastra berarti tulisan.Kesusastraan Indonesia artinya
semua hal yang meliputi sastra Indonesia.
1.2 Rumusan Masalah
1.Bagaimana cara membuat kartu perpustakaan?
2.Bagaimana cara meminjam buku di perpustakaan?
3.Apakah yang dimaksud dengan kesustraan?
4.Sebutkan pembagian sastra menurut zaman?
5.Bagaimana perkembangan kesusastraan Indonesia?
6.Jelaskan aliran bentuk dan isi kesusastraan?
1.3 Tujuan
1.Untuk mengetahui cara membuat kartu diperpustakaan.
2.Untuk mengetahui cara meminjam buku diperpustakaan.
3.Untuk mengetahui pengertian dari kesusastraan.
4.Untuk mengetahui pembagian kesusastraan menurut zaman.
5.Untuk mengetahui perkembangan kesusastraan di Indonesia.
6.Untuk mengetahui aliran dan isi kesusastraan.
1
1.4 Manfaat
1.Mengetahui cara membuat kartu diperpustakaan.
2.Mengetahui cara meminjam buku diperpustakaan.
3.Mengetahui pengertian dari kesusastraan.
4.Mengetahui pembagian kesusastraan menurut zaman.
5.Mengetahui perkembangan kesusastraan di Indonesia.
6.Mengetahui aliran dan isi kesusastraan.
2
Bab II
Pembahasan
2.1 Tata cara membuat kartu perpustakaan
Cara membuat kartu di perpustakaan daerah Soeman Hs
1.Mengambil formulir pendaftaran dibagian informasi.
2 Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan sesuai dengan identitas.
3.Meminta cap ataupun keterangan dari pihak universitas ataupun yang berhubungan
sesuai dengan identitas(mahasiswa/pelajar:universitas/sekolah,umum:sesuai dengan
tempat tinggal).
4.Menyerahkan formulir dibagian admnstrasi.
Cara membuat kartu perpustakaan diperpustakaan uir
1.Mengambil formulir pendaftaran.
2.Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap.
3.Membayar uang administrasi.
4.menyerahkan formulir pendaftaran.
2.2 Tata cara meminjam buku diperpustakaan
Tata cara meminjam buku diperpustakaan
1.Mengisi buku tamu.
2.Gunakan lah salah satu cara mencari buku baik itu menggunakan kartu katalog
maupun dengan cara lain.
3.Pilihlah salah satu buku yang ingin dipinjam.
Bawalah buku tersebut kepada petugas agar dapat diisi identitas oleh petugas.
5.Berikan kartu perpustakaan anda sebagai identitas anda.
3
6.Perpanjanglah buku jika masih digunakan agar tidak terkena sanksi.
2.3 Kesusastraan
Kesusastraan berasal dari kata susutra yang berimbuhan ke-an.kesusastraan
mengandung arti jamak yaitu semua yang meliputi sastra.Kata sustra berasal dari
bahasa sangsekerta ; su berarti baik sastra berarti tulisan.Kesusastraan Indonesia
artinya semua hal yang meliputi sastra Indonesia.Kesusastraan menurut beberapa para
ahli:
1.Menurut Usman Effendi
Kesusastraan ialah ciptaan manusia dalam bentuk bahasa lisan ataupun tulisan
yang menimbulkan rasa bagus ataupun indah.
2.Menurut Dra.Nyonya B.Simorangkir Simanjuntak
Kesusastraan terbagi atas kesusastraan khusus dan kesusastraan
umum.Kesusastraan khusus adalah ciptaan manusia dalam bentuk bahasa lisan
ataupun bahasa tulisan yang menimbulkan rasa bagus ataupun indah.Sedangkan
kesusastraan umum adalah semua yang dinyatakan dalam bahasa,uraian
ilmu,watak,piagam dan undang-undang.
2.4 Pembagian kesusastraan menurut zaman
2.4.1 Kesusastran menurut Dra.Nyonya B.Simorangkir Simanjuntak
2.4.1.1 Kesusastraan masa lama atau purba
Kesusastraan terjadi pada masa sebelum pengaruh India.Cerita tentang
raja adat istiadat,mantra dan kebiasaan.
2.4.1.2 Kesusastraan pada masa hindu atau arab
kesusastraan ini dimulai pada masa pengaruh hindu meliputi cerita
mengenal asal usul manusia,alam,pengajaran islam,keadaan Negara dan
sebagainya.
2.4.1.3 Kesusastraan pada masa baru
Kesusastraan pada masa baru terbagi atas:
1.Masa Abdullah bin Abdulkadir Munsyi
2.Masa Balai Pustaka
3.Masa Pujangga Baru
2.4.1.4 Kesusastraan masa mutakhir
Kesusastraan masa mutakhir terbagi atas:
1.Masa penduduk Jepang
2.Masa Revolusi
3.masa kemerdekaan
2.4.2 Kesusastraan menurut Usman Effendi
Kesusastraan menurut Usman Effendi terbagi atas:
1.Kesusastraan lama
2.Kesusastran baru
3.Kesusastraan modern
2.4.3 Kesusastraan menurut Sabaruddin Ahmad
2.4.3.1 Kesusastraan lama
a.Dinamisme
b.Hinduisme
c.Islamisme
2.4.3.2 Kesusastraan baru
Kesusastraan baru terbagi atas:
1.Masa Abdullah bin Abdulkadir Munsyi
2.Masa Balai Pustaka
3.MasaPujangga Baru
4.Masa Angkatan ‘45
2.4.4 Pembagian sastra melayu dan sastra Indonesia
2.4.4.1 Sastra melayu
Sastra melayu
1.Sastra purba
2.Masa hindu-arab(islam)
3.Masa Abdullah bin Abdulkadir Munsyi
2.4.4.2 Sastra Indonesia
Sastra Indonesia terbagi atas beberapa masa yaitu:
1.Masa angkatan Balai Pustaka
2.Masa angkatan Pujangga Baru
3.Masa angkatan ‘45
4.Masa angkatan sesudah ‘45
2.5 Kesusastraan Indonesia
Pada awal abad ke 20,kesusastraan Indonesia muncul sebagai lanjutan
kesusastraan melayu.
Beberapa alasan dapat dikemukakan untuk mendukung pendapat ini :
6
1.Berdirinya Balai pustaka menghasilkan karangan-karangan putra putri Indonesia.
Bahasa yang dipakai pengarang-pengarangnya walaupun tidak dapat dikatakan sama
benar strukturnya dengan bahasa Indonesia dewasa ini tidak dapat dikatakan dengan
bahasa melayu yang dipakai oleh pujangga-pujangga sebelum abad ke 20.
2.Kebangunan nasional bermula pada awal tahun 20-an.Disusul dengan pernyataan
bangsa Indonesia.Pada hari sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928 yang
menetapkan bahwa Indonesia yang dimaksud tentu tak lain adalah bahasa melayu.
Kesusastran Indonesia terbagi sebagai berikut :
a. Sastra masa balai pustaka
b. Sastra masa Angkatan Pujangga Baru
c. Sastra masa Angkatan ‘45
d. Sastra masa sesudah Angkatan ‘45
Sastra menurut Drs.Umar Junus terbagi atas:
a. Sastra pre angkatan ‘33(pre angkatan Pujangga Baru)
b. Sastra Angkatan ‘33(angkatan Pujangga baru)
c. Sastra Angkatan ‘45
Sastra menurut Prof.Dr.Slamet Mulyana terbagi atas :
a. Sastra melayu klasik atau kuno sd Abdullah
b. Sastra melayu modern atau baru dari tahun 1920-1945
c. Sastra Indonesia mulai tahun 1945
7
Balai Pustaka
Berdirinya Balai Pustaka memberikan kesempatan serta kemungkinan kepada
orang Indonesia untuk berkarya dan menampilkan karya-karyanya.
Isi buku terbitan balai pustaka terdiri dari :
1. Membukukan cerita-cerita rakyat dan dongeng-dongeng rakyat.
2. Menerjemahkan sastra Eropa yang bermutu dari segi sastra.
3. Menerbitkan buku-buku bacaan yang sehat bagi rakyat Indonesia.
Ketentuan-ketentuan yang menjadi pegangan Balai Pustaka dalam menerbitkan
buku:
1. Karangan tidak boleh menyinggung-nyinggung soal politik.
2. Karangan janganlah sampai nenyinggung perasaan segolongan orang dalam
masyarakat.
3. Janganlah pula hendaknya karangan-karangan itu jangan sampai
menyinggung perasaan seseorang dari agama yang dianutnya.
Salah satu terbitan Balai Pustaka yang sangat popular adalah Siti Nurbaya pada
tahun 1922 oleh Marah Roesli.Puisi yang diterbitkan Balai Pustaka percikan
permenungan pada tahun 1924 oleh Rustam Effendi,serta majalah Sri Pustaka.
Pujangga Baru
Pujangga Baru pada mulanya hanyalah nama sebuah majalah bahasa dan sastra
yang mulai diterbitkan pada bulan Juli 1993.Dengan lahirnya Pujangga Baru dimulailah
kesusastraan Indonesia yang sebenarnya dan kesusastraan melayu dibumi Indonesia pun
Berakhirlah.Pelopor Pujangga Baru dikenal dengan tiga serangkai yaitu: Mr.St Takdir
Alisjahbana,Armijn Pane,dan Amir hamzah.semangat yang mendorong lahirnya pujangga
8
Baru adalah perasaan ingin bebas.Tidak terkurung dalam melahirkan perasaan kehandak.
Menurut gerak sukma dan jiwa masing-masing puncak dari prosa zaman pujangga baru
Baik dalam kemajuan isinya maupun gaya bahasa pengarangnya “Belenggu”.
Beberapa perbedaan antara karya sastra Pujangga baru dan Balai pustaka :
1. Bahasa yang dipakai oleh pujangga baru sudah bahasa Indonesia bukan
bahasa melayu lagi.
2. Bentuk puisinya pujangga baru sudah bersifat bebas.
3. Tema ceritanya tidak lagi berkisa pada adat kampung,tetapi sudah luas
dalam kehidupan masyarakat.
4. Pengaruh barat lebih besar dan nyata.
5. Pengaruh sudah meluas diseluruh Indonesia.
Angkatan ‘45
Angkatan ’45 lahir ditengah-tengah dentuman meriam dan bom yang sangat
dahsyat,yang dipelopori oleh Chairil Anwar.Nama angkatan ’45 dipakai sebagai lambang
kemerdekaan dalam kesustraan karena sesuai dengan proklamasi bangsa dan Negara
Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945.
Nama-nama pelopor angkatan ’45 sebagai berikut:
1. Angkatan Muda.
2. Angkatan Jepang.
3. Angkatan Pembebasan.
4. Angkatan Chairil Anwar.
5. Angkatan Modern.
9
6. Angkatan Sesudah Pujangga Baru.
7. Angkatan Gelangga.
Salah satu puisi yang popular pada angkatan ’45 adalah “tiga menguak
Takdir”oleh Chairil Anwar,Asrul Sani,dan Rivai Apin.
Perbedaan antara sastra pujangga baru dan angkatan ’45 sebagai berikut:
1. Isi karangan pujangga baru beraliran idealisme sedangkan angkatan ’45
beraliran realisme.
2. Isi dan bahasa bagi pujangga baru sama pentingnya sedangkan bagi
angkatan ’45 isinya lebih rentik.
3. Angkatan ’45 mau membentuk yang lebih baru.
4. Puisi angkatan ’45 berbentuk bebas.
5. Puisi angkatan ’45 hampir semuanya novel dan cerpen.
6. Puisi angkatan ’45 berbudayan bersifat universal.
2.6 Aliran bentuk dan isi sastra Indonesia
2.6.1 Aliran epik
Aliran ini merupakan aliran yang melukiskan sesuatu secara objektif yang
artinya menggambarkan sesuatu dengan memaparkan dan menggambarkan sesuatu
dengan tidak menyatakan perasaan dan petimbangan pengarang sendiri.Contoh:kisah
biografi,novel,dll.
2.6.2 Aliran lirik
Aliran ini mengutamakan keharuan rasa pengarang tidak saja memaparkan
tapi mempengaruhi perasaan pembaca.Contoh:romance,ode,dll
10
2.6.3 Aliran Realisme
Aliran ini merupakan aliran yang mengemukakan kenyataan,barang yang
lahir,karena pengarang menggambarkan kenyataan yang nyata.Contoh:naturalism,
deteralisme,dan impresionisme.
2.6.4 Ekspresionisme
aliran ini merupakan aliran yang merasakan gejolak dalam jiwa pengarang
dan melihat sesuatu.Contoh:aliran romantic,idealism,dll.
2.6.5 Naturalisme
Aliran ini melukiskan keadaan yang sebenarnya sering cenderung kepada
lukisan yang buruk.Karena ingin memberi gambaran yang nyata kebenaran.
2.6.6 Determinisme
Aliran ini merupakan ‘paksa-nasib’.Artinya nasib yang ditentukan bukan
dari tuhan tetapi dari keadaan masyarakat.Contoh:Rohaya alias Nyonya Eni dalam roman
belenggu karangan aAminjn Pane.Yang menjadi piaraan dokter Sukartono pada dasarnya
bukan wanita jahat.
2.6.7 Impresionisme
Aliran ini melahirkan kembali kesan atas sesuatu yang dilihatnya.Kesan
itu hanya sepintas lalu.Pengarang tidak akan menggambarkan secara mendetail,dan
sampai kepada yang sekecil-kecilnya.
2.6.8 Romantik
Aliran ini merupakan aliran yang mengutamakan rasa,sebagai lawan aliran
realisme.Pengarang romantic mengawan dalam alam mimpi.Lukisannya indah sampai
membawa pembaca ke alam mimpi
11
Ada dua aliran romantic yaitu:
• Aktif-romantik ialah apabila lukisannya menimbulkan rasa untuk maju.
• Pasif romantic ialah apabila lukisannya bersifat khayalan dan sedih serta tidak
mendorong untuk maju.
2.6.9 Idealisme
Aliran ini merupakan aliran yang romantic yang didasarkan pad ide
pengarang semata-mata.Pengarang memandang ke masa depan dan memberikan
kebahagiaan untuk bangsa dan Negara.
Contohnya
FANTASI
Bendera perjuangan berkibar lagi
Gembira bertepuk diatas kepalaku
Darahku melancar gembira pula
Debur berdebur di dalam dadaku
Kututup mata karena nikmat
Kuingat terang dalam fantasi
Lascar rakyat maju kedepan
Gembira dahsyat gegerkan bumi
Rapat mampat mereka maju
Nur ideal menerangi pula
12
Girang gembira gemuruh lagu
Tercurah dari jiwa merdeka
oleh :Ipin(Asmara Hadi)
2.6.10 Aliran Mititisme
Aliran ini merupakan aliran terasa tuhan yang bernafaskan ciptanya.
Perngarang selalu mendekatkan diri kepada yang Maha Tinggi.Aliran ini berdasarkan
kepada ketuhanan,filsafat dan alam gaib.
2.6.11 Aliran Surealisme
Aliran ini lukisan realitasnya bercampur angan-angan,malah angan-angan
amat mempengaruhi bentuk lukisan.Didalamnya ada pernyataan jiwa,pemasakan dalam
jiwa.Contohnya drama Tumbang oleh Trisno Sumarjo.
2.6.12 Aliran Simbolik
Lukisan yang mengambil sesuatu sebagai pelambang,sering kelihatan
seperti sindiran.Dalam lukisan simbolis biasanya binatang atau tumbuhan dilukiskan
sebagai manusia dan sifatnya.Contohnya Hikayat Kaliah dan Dimnah,dll.
2.6.13 Aliran Psikoligisme
Aliran ini mengutamakan penguraian psyce atau jiwa,itu sebabnya
pengarang harus mempunyai pengetahuan tentang dasar-dasar jiwa manusia
berdasarkan teori para ilmuan.Contoh karangan yang bersifat aliran ini yaitu:atheis oleh
Achdiat Kartamihardja dan Jalan Tak Ada Ujung oleh muchtar lubis.
13
Bab III
Penutup
3.1 Kesimpulan
Cara membuat kartu diperpustakaan daerah Soeman Hs
1.Mengambil formulir pendaftaran dibagian informasi.
2 Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan sesuai dengan identitas.
3.Meminta cap ataupun keterangan dari pihak universitas ataupan yang
berhubungan sesuai dengan identitas(mahasiswa/pelajar:universitas /sekolah ,
umum:sesuai dengan tempat tinggal)
4.Menyerahkan formulir dibagian admnstrasi.
Cara membuat kartu perpustakaan diperpustakaan UIR
1.Mengambil formulir pendaftaran.
2.Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap.
3.Membayar uang administrasi.
4.Menyerahkan formulir pendaftaran.
Tata cara meminjam buku diperpustakaan
1.Mengisi buku tamu.
2.Gunakanlah salah satu cara mencari buku baik itu menggunakan kartu katlog
maupun dengan cara lain.
3.Pilihlah salah satu buku yang ingin dipinjam.
4.Bawalah buku tersebut kepada petugas agar dapat diisi identitas oleh petugas.
5.Berikan kartu perpustakaan anda sebagai identitas anda.
6.Perpanjanglah buku jika masih digunakan agar tidak terkena sanksi.
14
Kesusastraan
Kesusastraan berasal dari kata susutra yang berimbuhan ke-an.Kesusastraan
mengandung arti jamak yaitu semua yang meliputi sastra.kata sustra berasal dari
bahasa sangsekerta ; su berarti baik sastra berarti tulisan. Kesusastraan Indonesia
artinya semua hal yang meliputi sastra Indonesia.
Pembagian kesusastraan menurut zaman
Kesusastran menurut Dra.Nyonya B.Simorangkir Simanjuntak yaitu:kesusastraan
masa lama atau purba, kesusastraan pada masa hindu atau arab, kesusastraan pada
masa baru,kesusastraan masa mutakhir.Kesusastraan menurut Usman Effendi yaitu:
kesusastraan lama,baru,modern.Kesusastraan menurut Sabaruddin Ahmad yaitu:
kesusastraan dinamisme,hinduisme,dan islamisme.
Kesusastraan baru yaitu masa Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi,masa balai
pustaka,masa pujangga baru,dan masa angkatan ’45.
Sastra melayu terbagi atas beberapa masa yaitu : masa purba,masa hindu-arab(islam),
dan masa Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi.
Sastra Indonesia terbagi atas beberapa masa yaitu : masa angkatan balai pustaka,masa
angkatan pujangga baru,masa angakatan ’45,dan masa angkatan sesudah ’45.
Kesusastraan Indonesia terbagi sebagai berikut:sastra masa balai pustaka,sastra masa
angkatan pujangga baru,sastra masa angkatan ’45,dan sastra masa sesudah angkatan ’45.
15
Aliran bentuk dan isi sastra Indonesia
Epic,lirik,realisme,ekspresionisme,naturalisme,determinisme,impresionisme,romantic
,idealisme,mistisusme,surealisme,simbolik,dan psikologisme.
3.2 Saran
Saran saya agar kesusastraan di Indonesia maju lagi dan haruslah berkembang lagi.Dari
zaman ke zaman kesusastraan sudah mengalami peningkatan sehingga tidak ketinggalan
dari bangsa yang lain.Juga bagi pengarang dan sastrawan harus meningkatkan karya-
karyanya lagi.
16
Daftar Pustaka
Badudu.dr.J.S.1975.Sari Kesustraan Indonesia I.Bandung:CV.Pustaka Prima
17
Identitas buku
Nama buku : Sari Kesusastran Indonesia I
Pengarang : Dr.J.S.Badudu
Penerbit : CV.Pustaka Prima
Tahun terbit : 1975
Cetakan : Pertama
Jumlah halaman : 77 halaman
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment