Friday, May 17, 2013

RPP kelas IX semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :SMP Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1(satu) Pertemuan Ke- : 1,2 Alokasi Waktu :2x40 menit Standar Kompetensi :Memahami isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio Kompetensi Dasar :Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio Indikator : Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif Mendiskusikan pokok-pokok dialog Menentukan tema dialog Menyimpulkan isi dialog dengan alasan yang logis I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu menemukan tema dialog interaktif atau menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis. II.Materi Ajar -Dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio III.Metode Pembelajaran -contoh -tanya jawab -latihan IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Bertanya jawab dengan siswa mengenai cara menyimak dialog sebagai bahan apersepsi. B.Kegiatan Inti  Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif  -Mendiskusikan pokok-pokok dialog  -Menentukan tema dialog  -Menyimpulkan isi dialog dengsn alasan yang logis C.Kegiatan Akhir -Mempelajari materi kebahasaan(kata yang pergeseran makna) kemudian mengerjakan latihan -menyusun materi yang telah dipelajari V.Sumber/Bahan/Alat -Contoh dialog interaktif pada tayangan televisi/radio -Buku paket kelas IX VI.Penilaian Bentuk tes: 1.Mengindentifikasikan pokok-pokok isi dialog (5) a. Lengkap (3) b. Kurang lengkap (2) c. Tidak lengkap (1) 2.Menyimpulkan dialog(5) a. Tepat (3) b. Kurang tepat(2) c. Tidak tepat(1) No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 2(3x5)=30 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Mengetahui Pekanbaru, Juni 2012 Kepala Sekolah NIP. NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :SMP Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1(satu) Pertemuan Ke- :3,4,5,6 Alokasi Waktu :4x40 menit Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan kebenaran Kompetensi Dasar : Mengkritik/memuji berbagai karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun Indikator : Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya atau dapat mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun. II.Materi Ajar -Ungkapan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan. III.Metode Pembelajaran -Tanya jawab -Latihan -Penugasan IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Bertanya jawab dengan siswa tentang peristiwa yang berkesan yang dialami siswa sebagai bahan apersepsi. B.Kegiatan Inti  Mengamati karya seni/produk  Mendata kekurangan dan keunggulan karya seni/produk  Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni  Mengamati pemodelan dalam mengkrritik dan memuji karya seni/produk  Mendiskusikan kelugasan bahasa dan kesantunan pengungkapan yang dilakukan oleh model  Mengkritik dan memuji karya seni/produk dengan bahasa yang lugas dan santun C.Kegiatan Akhir -Membuat kesimpulan materi pembelajaran V.Sumber/Bahan/Alat -Karya seni -Buku teks VI.Penilaian Bentuk Tes : lisan dan tertulis 1.Mengindentifikasikan pokok-pokok isi laporan (5) a. Lengkap (3) b. Kurang lengkap (2) c. Tidak lengkap (1) 2.Menyimpulkan sendiri peristiwa yang dialami secara runtut(5) a. Tepat (3) b. Kurang tepat(2) c. Tidak tepat(1) No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 2(3x5)=30 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Mengetahui Pekanbaru, Juni 2012 Kepala Sekolah NIP. NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :Smp Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1 (satu) Pertemuan Ke- :7,8 Alokasi Waktu :2x40 menit Standar Kompetensi : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai Kompetensi Dasar : Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif Indikator : Mampu mendata fakta yang ada Mampu mendata opini yang ada dalam teks Mampu membedakan fakta dan opini I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu a. menemukan pokok informasi dalam iklan surat kabar b. membedakan fakta dan opini (pendapat) dalam iklan surat kabar c. menyimpulkan isi iklan dengan menggunakan kalimat yang jelas II.Materi Ajar -contoh teks iklan disurat kabar. III.Metode Pembelajaran -Tanya jawab -Latihan -Penugasan -contoh -diskusi IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Bertanya jawab tentang fungsi iklan -Bertanya jawab tentang macam-macam iklan B.Kegiatan Inti  Mengkliping satu iklan yang memuat fakta dan opini  Mencermati iklan  Mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam iklan  Mendiskusikan pengungkapan yang berupa fakta dan pengungkapan yang berupa opini dalam iklan  Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan C.Kegiatan Akhir -Membuat kesimpulan tentang ciri-ciri iklan baris -Menyimpulkan perbedaan fakta dan opini V.Sumber/Bahan/Alat -Contoh iklan -Buku teks VI.Penilaian Bentuk Tes:Lisan dan tertulis 1.Kelengkapan pokok-pokok isi iklan (5) a. Lengkap (3) b. Kurang lengkap (2) c. Tidak lengkap (1) 2.Identifikasi fakta dan opini(5) a. Tepat (3) b. Kurang tepat(2) c. Tidak tepat(1) 3.Kesimpulan isi iklan (5) a. Tepat(3) b. Kurang tepat(2) c. Tidak tepat(1) No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 2(3x5)=30 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Mengetahui Pekanbaru, Juni 2012 Kepala Sekolah NIP. NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :SMP Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1(satu) Pertemuan Ke- :9,10,11,12 Alokasi Waktu :4x 40 menit Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan Kompetensi Dasar : Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas Indikator : Mampu menentukan objek yang akan diiklankan Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris Mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas Mampu menyunting iklan baris I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu : a. mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan b.menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. II.Materi Ajar -contoh teks iklan disurat kabar. III.Metode Pembelajaran -Tanya jawab -Latihan -Penugasan -contoh -diskusi IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Bertanya jawab tentang fungsi iklan baris B.Kegiatan Inti  Mencermati iklan baris  Membahas secara lengkap iklan baris  Mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan baris  Menentukan objek yang akan diiklankan  Menulis iklan baris suatu objek dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas  Memperbaiki dan menyunting iklan baris C.Kegiatan Akhir -Membuat kesimpulan tentang ciri-ciri iklan baris -Menyimpulkan pengertian dan bagian-bagian resensi V.Sumber/Bahan/Alat -Contoh resensi pengetahuan -buku teks VI.Penilaian Bentuk Tes : Lisan dan tertulis 1.Mengindentifikasi isi buku berupa data buku ,kelebihan dan kekurangan dan pokok-pokok isi buku (5) a. Lengkap (3) b. Kurang lengkap (2) c. Tidak lengkap (1) 2.Menulis resensi dengan menyajikan daya tarik, kritik, dan inti sari buku secara objektif menggunakan bahasa yang baik(5) a. Baik (3) b. Kurang baik(2) c. Tidak baik(1) 3.Memahami imbuhan –al dan –is dari segi bentuk dan makna menggunakannya dalm berbagai konteks kalimat (5) a.Tepat (3) b.Kurang tepat(2) c.Tidak tepat(1) No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 3(3x5)=45 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Mengetahui Pekanbaru, Juni 2012 Kepala Sekolah NIP. NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :SMP Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1(satu) Pertemuan Ke- :13,14 Alokasi Waktu :2x40 menit Standar Kompetensi : Memahami wacana jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair Kompetensi Dasar : Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan Indikator : Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengungkapan syair Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu a. menemukan makna kata-kata sulit yang terdapat dalam syair yang disimak b. menceritakan isi syair yang disimak dengan menggunakan kata-kata sendiri c. menemukan tema dan amanat syair yang disimak II.Materi Ajar -syair III.Metode Pembelajaran -Tanya jawab -Latihan -Penugasan -contoh -diskusi IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Bertanya jawab tentang jenis-jenis puisi lama -Bertanya jawab tentang perbedaan syair dan pantun B.Kegiatan Inti  Mendengarkan model pembacaan syair dari narasumber  Mendiskusikan tema dan pesan syair  Menyimpulkan tema syair  Menyimpulkan pesan syair C.Kegiatan Akhir -Menyimpulkan pengertian syair dan perbedaan syair dengan jenis puisi sama lainya V.Sumber/Bahan/Alat -Contoh iklan -Buku teks VI.Penilaian -Bentuk tes: lisan dan tertulis 1.Mengindentifikasikan kata sulit pada syair dan menafsifkan maknanya (5) a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) 2.Menjelaskan isi dan tema syair memperhatikan kelengkapan isi dan bahasa yang baik(5) a. Baik (3) b. Kurang baik(2) c. Tidak baik(1) No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 2(3x5)=30 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Mengetahui Pekanbaru, Juni 2012 Kepala Sekolah NIP. NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :SMP Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1(satu) Pertemuan Ke- :15,16,17,18 Alokasi Waktu :4x40 menit Standar Kompetensi : Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain Kompetensi Dasar : Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen Indikator : Menentukan bagian-bagian cerita dengan paduan tahap-tahap dalam alur Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu a. menentukan tema cerita b.menentukan tokoh dan penokohan c.menentukan alur dan latar cerita d.menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur dan latar II.Materi Ajar -cerpen yang bertolak dari peristiwa yang dialami III.Metode Pembelajaran -Tanya jawab -Latihan -Penugasan -contoh -diskusi IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Bertanya jawab tentang pengalaman menulis cerpen -Bertanya jawab tentang tema cerita yang disukai B.Kegiatan Inti  Memilih cerpen yang disukai  Membaca cerpen  Mendiskusikan bagian-bagian alur  Mendiskusikan isi cerita yang merupakan bagian alur  Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengar alur aslinya C.Kegiatan Akhir -Mempelajari materi kebahasaan -Merangkum materi yang berkaitan dengan ejaan sesuai instruksi pada buku siswa V.Sumber/Bahan/Alat -Ide untuk menulis cerpen -Buku teks VI.Penilaian -Bentuk tes: lisan dan tertulis 1.Mengindentifikasi tema, tokoh, latar, alur untuk pedoman menyusun cerpen dengan memperhatikan keaslian ide dan kreatifitas(5) a. Baik (3) b. Kurang Baik(2) c. Tidak baik (1) 2.Mengembangkan tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah cepen dengan memperhatikan gaya bahasa yang menarik(5) a. Baik (3) b. Kurang baik(2) c. Tidak baik(1) 3.Membacakan cerpen dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan ekspresi(5) a. Menarik (3) b. Kurang menarik(2) c. Tidak menarik (1) No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 3(3x5)=45 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Mengetahui Pekanbaru, Juni 2012 Kepala Sekolah NIP. NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :SMP Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1(satu) Pertemuan Ke- :19,20,21,22 Alokasi Waktu :4x40 menit Standar Kompetensi : Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek(cerpen) Kompetensi Dasar : Menemukan tema, latar, dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen Indikator : Mampu menyimpulkan tema cerpen Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu a. menentukan tema, latar, tokoh, amanat, dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen b. menentukan cerpen yang paling disukai dengan alasan yang logis II.Materi Ajar -buku kumpulan cerpen III.Metode Pembelajaran -Tanya jawab -Latihan -Penugasan -contoh -diskusi IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Membuka ingatan siswa tentang segala hal yang berkaitan dengan cerpen B.Kegiatan Inti  Membaca buku kumpulan cerpen  Berdiskusi untuk menentukantema, latar, dan penokohan dalam tiap-tiap cerpen  Menunjukkan keterkaitan antar unsur cerpen sebagai dasar pembulat cermatan makna cerpen secara utuh V.Sumber/Bahan/Alat -Buku teks No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 2(3x5)=30 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Mengetahui Pekanbaru, Juni 2012 Kepala Sekolah NIP. NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah :SMP Negri 1 Pekanbaru Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia Kelas/Semester :IX/1(satu) Pertemuan Ke- :23,24,25,26 Alokasi Waktu :4x40 menit Standar Kompetensi : Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan dan pengalaman dalam cerita pendek Kompetensi Dasar : Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca Indikator : Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen Mampu mengembangkan ide-ide pokok menjadi cerpen Mampu menyunting cerpen I.Tujuan Pembelajaran -Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu a. menentukan tema cerita b. menentukan tokoh dan penokohan c. menuliskan kembali cerpen yang telah dibaca dengan kata-kata sendiri II.Materi Ajar -Cerpen III.Metode Pembelajaran -Tanya jawab -Latihan -Penugasan -contoh -diskusi IV.Langkah-Langkah Pembelajaran A.Kegiatan Awal -Bertanya jawab tentang pengalaman menulis cerpen B.Kegiatan Inti  Membaca cerita pendek  Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen sesuai dengan alur cerpen  Mengembangkan ide-ide pokok dengan kalimat sendiri menjadi cerpen kembali  Menyunting cerpen yang sudah ditulis C.Kegiatan Akhir -Menulis cerpen berdasarkan pengalaman sendiri. -Menyampaikan kesan tentang kegiatan pembelajaran V.Sumber/Bahan/Alat -Contoh cerpen -Buku teks VI.Penilaian -Bentuk tes: lisan dan tertulis 1.Menentukan tema, alur, penokohan dan latar cerpen (5) a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) 2.Menuliskan cerpen dengan memerhatikan keruntutan alur cerita dengan menggunakan bahasa yang baiksss(5) a. Baik (3) b. Kurang baik(2) c. Tidak baik(1) No.Kriteria Penilaian Bobot Nilai Keterangan : Skor maksimum 2(3x5)=30 Nilai pemerolehan siswa = skor pemerolehan x 100 skor maksimum Pekanbaru, Juni 2012 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. NIP.

No comments:

Post a Comment